Tips berpuasa Ramadhan di tengan pandemi covid-19

Tips berpuasa Ramadhan di tengan pandemi covid-19

Beberapa hari lagi, umat Muslim akan merayakan bulan suci Ramadan dengan beribadah puasa selama 30 hari lamanya, tentunya kita perlu melakukan persiapan puasa.

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. Menag meminta seluruh umat Muslim di Indonesia untuk menjalankan ibadah di rumah selama Ramadan. Hal ini untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 selama pandemi. Surat edaran ini sebagai panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi masyarakat muslim di Indonesia dari risiko Covid-19.

Di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia ini, pelaksanaan puasa akan sedikit berbeda dari bulan-bulan Ramadhan sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan puasa. Tentunya Anda tidak bisa keluar rumah untuk sekadar membeli takjil, atau bahkan shalat tarawih.

Agar ibadah puasa lebih khidmat, dan dapat menjaga kekebalan tubuh dengan baik, berikut ini beberapa tips persiapan puasa yang bisa dilakukan.

  1. Siapkan bahan makanan untuk 1-2 minggu ke depan saat pandemi virus corona di Indonesia, karena tidak bisa sesukanya lagi mengunjungi pasar, atau toko swalayan, yang menjadi tempat publik dan berisiko terpapar virus COVID-19. Sebelumnya buat menu masakan terlebih dahulu selama 1-2 minggu ke depan untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang perlu dibeli. Anda bisa memilih sayuran, buah-buahan, dan lauk pauk yang bisa disimpan dalam waktu lama sebagai langkah persiapan sebelum puasa.
  2.  Memilih menu buka puasa dan sahur dengan makanan gizi seimbang, asupan gizi bagi orang yang berpuasa di tengah pandemi sama dengan anjuran gizi seimbang.
  3. Masak untuk berbuka puasa dan menu sahur sendiri. Higienitas menjadi hal penting yang perlu diperhatikan untuk persiapan puasa di tengah pandemi virus corona, kebersihan dari bahan makanan yang digunakan juga lebih terjamin.
  4. Membersihkan peralatan ibadah. Persiapan puasa yang tak kalah penting adalah rutin membersihkan peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, dan sarung.
  5. Biasakan rutin mencuci tangan, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cuci tangan secara teratur adalah salah satu cara terbaik menghilangkan kuman, mencegah sakit, dan mencegah penyebaran kuman ke orang lain.

Jaga Kebersihan diri, kebersihan rumah, jangan keluar, dan tetap mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap dirumah ( physical distancing ).

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ramadhan 1441 H (2020), Ibadah Shaum di Tengah Pandemic Corona (Covid-19)

Sel Mei 5 , 2020
Share on Facebook Tweet it Pin it Share it Email Tips berpuasa Ramadhan di tengan pandemi covid-19 Beberapa hari lagi, umat Muslim akan merayakan bulan suci Ramadan dengan beribadah puasa selama 30 hari lamanya, tentunya kita perlu melakukan persiapan puasa. Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor […]

You May Like